Review rom galaxy mini GT-S5570



Kali ini saya akan coba share pengalaman saya ketika mengganti rom di Samsung Mini. Awalnya saya coba ini ketika dulu saya merasa bosan setelah 2 tahun memakai si mini dan merasa kok tampilannya gitu gitu aja, mentok mentok cuma ganti Louncher dan itu lama kelamaan juga bosan hingga akhirnya saya coba cari di forum kaskus waktu itu, gimana sih caranya ganti rom di si Mini? hingga akhirnya saya dapet link ke forum pengembang android di forum.xda di situ semua lengkap dari berbagai macam custom rom yang dapat kita coba, namun tentu juga perlu memilih yang teliti karena tidak semua rom dapat berjalan sempurna, terkadang masih ada [bug] yang belum terselesaikan oleh para pengembang rom tersebut. Perlu kita ketahui juga bahwa si mini ini sebenarnya batas upgrade seri Android cuma sampai Gingerbread secara resminya, namun kita bisa coba upgrade ke Jellybean dengan rom yang sudah di rombak (modifikasi) oleh para pengembang, sehingga dapat menyesuaikan dengan spesifikasi dari si mini tersebut.
Tahapan dalam memasang rom tersebut tentu tidak mudah, karena si mini juga harus kita root, apa sih root itu? jadi intinya root itu kita membuka hak akses dari sistem operasi tersebut sehingga kita dapat melakukan perubahan, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. loh kok malah merusah?? ya memang resikonya juga memang begitu bisa benar benar matot [mati total].

Hal ini pernah saya alami ketika hampir 10 kali saya gonta ganti rom, ya intinya sih pengen nyobain aja, mana yang terbaik, tapi nasip berkehendak lain, ketika selesai mengganti rom hp tidak bisa di start sama sekali, bahkan dicas batre pun tidak masuk, hingga solusi terakhir saya bawa ke Galery sams*ng dan di sana nginap hampir satu minggu kemudian kesimpulannya hardwarenya rusak sehingga dikasih solusi ganti jeroan dari si mini dan harus bayar 900rb...kemudian saya coba pikir kalau beli lagi juga gak sampai segitu harganya, akhirnya saya cabut dan saya bawa pulang hp kemudian saya beli dan itu menjadi pengalaman saya untuk lebih hati-hati dalam merubah rom agar tidak berlebihan, bayangin aja 10 kali di ganti dan mungkin hardware udah gak kuat, ya udah mati.
Lanjut ke topik....
berikut saya lampirkan link untuk mencari custom rom si mini dari para pengembang 
forum.xda-developers .
update

Dari beberapa rom yang pernah saya coba di atas diantarnya:
1. New Experience Stock Gingerbread 2.3.6
Kernel yang eksklusif untuk new experience stock oleh pengembang bernama Janarthanan.v. Dengan tampilannya yang simple lebih memudahkan user dalam merubah tampilan langsung dari tap yang sudah di sediakan, Super Statusbar dengan : Jelly Bean Header ( tanggal, jam , dan tombol pengaturan yang jelas ) posisi jam dapat kita atur posisinya di tengah, kontrol kecerahan slider carrirer di bagian bawah dan dengan menggesek tap untuk menghapus notifikasi yang muncul. Kemudian dari tombol menu on/off jika kita tekan terdapat tap "Silent mode , mode pesawat , screenshot , reboot , shutdown" dengan tombol itu kita dapat melalukan sceenshot dengan lebih mudah.
Berikut tampilan dari  New Experience Stock Gingerbread 2.3.6

 
 2. TouchWiz NatureUX V3.1

Tampilan dari rom ini sangat elegant, mirip dengan divice samsung galaxy terbaru, seperti galaxy s iii, galaxy s iv dan divice terbaru samsung lainnnya.
Berikut gambarnya:

 Untuk melihat dan mencoba yang lainnya anda bisa kunjungi link di atas tadi. Ok selamat mencoba. Good Luck.



Comments