Kebiasaan yang merugikan otak


Kebiasaan biasanya sulit untuk dirubah, apalagi kalau hal itu sudah benar melekat dilakukan setiap hari, sebagian orang mungkin tau ya efek dari kebiasaan itu namun kadang ada juga yang menganggap itu seperti air mengalir dan masa bodoh. Di sini saya ingin share dari buku yang pernah saya baca bahwa Otak perlu kita jaga dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.Berikut kebiasaan manusia yang dapat merugikan Otak kita.

1.Tidak sarapan Pagi 
Orang yang tidak sarapan pagi kandungan gula darahnya jadi rendah, sehingga tidak cukupnya asupan nutrisi ke otak yang menyebabkan degenerasi fungsi otak.Kenapa sih orang tidak mau sarapan?? Biasanya orang selalu buru-buru atau memang malas untuk sarapan pagi atau mungkin bosan dengan menu sarapannya (biasanya anak-anak ) atau bisa juga karena pagi -pagi belum ada sarapan (biasanya anak kos). hal itu tentu jangan kita anggap sebagai hambatan,tapi bagaiman kita bisa melangkah sedikit lebih baik dari resiko-resiko yang mungkin terjadi.


2. Terlalu banyak makan
Orang yang terlalu banyak makan juga sangat merugikan otak karena dapat mengakibatkan pengerasan saluran darah ke otak, yang selanjutnya menurunnnya daya pikir.(khusus buat yang gemar makan makan banyak ini perlu di kurangi agar maksimal).


3. Mengkonsumsi gula yang terlalu banyak.
Apabila terlalu banyak hal ini dapat menurunkan daya serap protein dan nutrisi penting sehingga kita menderita kurang gizi dan mengganggu pertumbuhan otak.(mencakup makanan dan minuman yang mengandung gula perlu kita kendalikan).


4. Pencemaran udara.

Otak merupakan konsumen Oksigen terbsar di tubuh.Menghirup udara tercemar mengurangi asupan oksigen ke otak, sehingga kerja otak kurang efisien.


5. Kurang tidur

Biasanya dipengaruhi oleh lingkungan yang ramai dan juga aktifitas kita yang tidak bisa kita jeda.Perlu kita ketahui bahwa tidur memberi kesempatan otak untuk Istirahat.Kurang tidur secara terus menerus dalam waktu lama akan mempercepat kematian sel otak.


6. Kebiasaan menutup kepala saat kita tdur.

tidur dengan kepala tertutup meningkatkan konsentrasi CO2 dan menurunkan konsentrasi O2.Ini kebiasaan yang dapat merusak otak.


7. Banyak berpikir waktu sakit.
Bekerja keras atau belajar waktu sakit tidak saja mengurangi efektifitas otak tetapi juga merusak otak.


8. Tidak ada rangsangan berpikir.

Berpikir adalah cara terbaik melatih otak,kalau otak dibiarkan tanpa rangsangan berpikir lama kelamaan otak akan mengecil.

9. Jarang bicara
Pembicaraan brmutu akan meningkatkan efisiensi otak.Demikian pula sebaliknya apabila kita jarang bicara akan dapat menurunkan efisiensi otak.

Sumber:majalah psikologi volume vi No.4 edisi Oktober 2011

Comments