SQL*PLUS



Managemen transaksi Basis Data,ya,mata kuliah yang membahas mengenai judul postingan ini.Kalau saya baca di modulnya kuliah ini tu bertujuan supaya kita dapat meningkatkan kinerja dari pada database,jadi kalau kita nanti jadi database administrator kita bisa melakukan hal ini,memenegement suatu database.Pokonya gitu deh intinya.
Terus disini alat yang utama akan di gunakan tu namanya SQL+PLUS tadi ini merupakan alat yang berbasis console,tau nggak arti dari berbasis console,kalau kita cari di kamus itu artinya tempat mata,saya juga bingung tapi intinya bahwa SQL+PLUS merupakan perintah baris program sederhana yang dapat menjalankan SQL dengan antarmuka baris perintah dasar,hal ini di lakukan dalam command Prompt.bingung ya,saya juga,tapi kalau nanti udah masuk ke praktek nya bakalan tau deh.saya yakin.
Oke,kita langsung masuk ke SQL+PLUS aja ya,yang harus di lakukan pertama tu kita masuk ke


  •  Command Prompt klik tombol Start->All Program->Accessories->Command Prompt maka muncul seperti di bawah

  • Kemudian kita ketik sqlplus seperti di atas maka nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini artinya kita harus login dengan user administrator oracle biasanya usernya :system dan password oracle sewaktu anda menginstal.

  • Setelah selesai,maka nanti akan muncul lagi seperti gambar di bawah jika sudah terlihat connected to oracle dan berubah menjadi SQL maka anda sudah masuk di oracle dengan user system.






  • Kemudian kita akan masuk dengan user HR dimana user ini sudah dilengkapi  sample table basis data dari oracle,sebelum kita masuk,biasanya user ini masih dalam keadaan terkunci maka kita harus UNLOCK dulu user ini,liat langsung gambar di bawah.


Baris pertama kita harus membuka user HR terlebih dahulu,lalu perintah yang kedua dari gabar di atas kita masukan password dari HR,di sini di contohkan passwordnya ABC,setelah selesai maka langkah selanjutnya connect user HR tadi dengan password yang sudah kita buat.

Untuk melihat Category yang ada di user ini maka kita ketikan perintah sebagai berikut:
Select * from cat;






Terima kasih










Comments