Fix error in Ubuntu GRUB

Kasusnya bagi yang membaca mungkin berbeda untuk masalah GRUB bootloader. Dalam hal ini saya mengalami dual boot yang tidak muncul, ketika saya nyalakan muncul tampilan seperti gambar di atas, mungkin bagi saya [newbie linux] sulit dipahami kenapa hal ini terjadi, kemudian saya coba cari solusinya dari forum komunitas linux.
Dari referensi yang saya dapatkan akhirnya saya dapat memperbaiki kesalahan ini dengan sedikit perintah yang harus di jalankan di Terminal.
Oke langsung aja..!

1. Lakukan boot dengan menggunakan Ubuntu live CD/ USB, setelah masuk, lakukan Try Ubuntu kemudian buka Terminal.
~$ sudo su
~$ sudo fdisk -l

~$ sudo mkdir /media/root
~$ sudo mount /dev/sda6 /media/root          //yang saya tandai sesuaikan dengan letak dimana linux di install, kebetulan punya saya ada di /dev/sda6]

~$ sudo grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda
Setelah perintah selesai di jalankan maka akan keluar finished and no error reported itu artinya Grub di linux sudah kembali normal.

Selanjutnya reboot komputer maka akan terlihat GRUB kembali normal. [Jangan lupa kembalikan startup di bios ke hardisk komputer]


Terima kasih, semoga membantu.



Comments