free space flashdisk yang tidak sesuai dan menghapus shortcut dan folder autorun dan ricycle



Saya mempunyai flashdisk untuk 8GB, file di dalamnya cuma file doc dan beberapa folder yang tidak terlalu besar bytenya, namun ketika saya lihat free space flashdisk tersebut tinggal 2 GB dan saya curiga dengan file shortcut dan folder autorun.inf dan RICYCLE, .Trasher, FOUND.000 yang saya rasa aneh muncul di situ hingga mampu menyembunyikan kapasitas flashdisk.



Folder autorun.inf dan RICYCLE dan file shortcut jika anda coba hapus maka beberapa detik kemudian akan muncul kembali, itu dikarenakan virus tersebut di control oleh folder AUTORUN.INF .
Solusi dari masalah di atas bisa di coba berikut:
Masuk di Command Promp

Ketikan drive flashdisk anda misalkan f: lalu enter

Type [attrib -s -h /s] lalu enter

Maka akan muncul file shortcut dan folder yang aneh tadi. [lihat di windows explorer sobat ]
Untuk langkah selanjutnya

Type [RD / S / Q \\.\F:\autorun.inf] di command promp dan sesuaikan letak drive sobat [fungsinya untuk menghapus folder autorun.inf]

Jika kondisi di atas di enter kemudian muncul [The file or directory is corrupted or unreadable] [itu artinya file tersebut corrupted.]. Solusinya ikuti langkah berikut.

chkdsk /f g: --> Press Enter. [kita lakukan check disk. Sesuaikan [g] dengan drive sobat, tunggu prosesnya selesai]

Setelah selesai kita dapat lanjutkan proses menghapus [autorun.inf] lakukan hal yang sama untuk menghapus folder [RICYCLE] dengan mengganti autorun.inf dengan ricycle.
Setelah selesai dari pengalaman yang saya lakukan autorun.inf dan shortcut yang lain sudah tidak ada tetapi muncul folder FOUND.000. untuk menghapusnya kita masuk kembali di Command Promp.

Type DIR and enter [untuk melihat folder FOUND.000]

Selanjutnya Type CD FOUND.000 and enter [untuk masuk di FOUND.000].

Type DEL *.* and enter [Untuk menghapus y/n maka pilih y untuk menghapus]

Setelah proses kita kembali ke drive flashdisk kita dengan
Type CD .. end enter
Type RD FOUND.000 enter

Setelah proses selesai, kita lihat kapasitas flashdish kita sudah kembali normal dan folder yang aneh tadi sudah tidak ada.
Semoga sharing saya siang ini dapat membantu. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Comments