SEMANGAT KETIKA NGEJALANIN MASA-MASA SMA



Awal masuk SMA gue bisa dibilang orang yang gak suka telat, karena jaman dulu gue masih ngerasain namanya MOS [masa orientasi siswa] dimana gue harus bangun pagi buat dateng awal ke sekolah. Masa itu ada yang namanya perploncoan, rambut harus di potong cepak, pakaian serba ribet, dan banyak lah, berhubung gue anak baru jadi ikut saja apa yang di suruh sama anak yang udah lama di situ. Dari awal gue gak ngerti maksud semua ini apa dan selama 3 hari gue jalanin masa itu akhirnya banyak yang gue dapet dari situ.
Oke gue gak mau bahas jauh soal ini tapi lebih menggaris bawahi gimana gue bisa tetap semangat sekolah semasa itu. Berikut gue sebutin satu persatu apa yang gue alamin dulu.

1. Perhatian orang tua

yabs, peran orangtua menjadi urutan pertama dalam faktor semangat ini. Bayangin setiap pagi mamak (ibu) selalu bangun pagi bikin sarapan, memberikan uang saku, dan selalu memberikan doa yang terbaik buat anaknya. Pengorbanan dan juga kasih orang tua itu merupakan semangat yang paling kuat, perjuangan orang tua mencari uang buat kita sekolah sampai kita benar benar jadi orang yang beliau harapkan akan selalu diusahakan oleh orangtua. Intinya apapun akan selalu diusahakan untuk kebaikan anaknya. Maka dari itu buat semuanya saja yang masih mempunyai kedua orang tua yang utuh jangan sekali kali berani sama orangtua kalian, karena semarah apapun orang tua terhadap kita, segalak apapun itu, semua demi kebaikan anaknya, karena dalam mendidik anak setiap orang pasti berbeda-beda. dan satu lagi jangan terlalu manja karena setiap apa yang kita minta ke orangtua selalu diturutin karena ini akan menjadi pelajaran gimana nantinya kita bisa memperlakukan hal yang sama terhadap masa depan kita nantinya.
    2. masih ngelanjutin hubungan lawan jenis sewaktu smp ke jenjang sma
    Hubungan sewaktu smp masih berlanjut ke sma..? ya begitu lah. Gue juga gak tau kenapa dulu pacaran. Tapi yang penting bagi gue itu jadi semangat gue ketika masuk di SMA. Ya walaupun tidak satu sekolahan waktu itu, tapi satu jalur jadi bisa berangkat bareng dan seperti yang gue bilang gue gak suka telat, makanya dulu gue suka ajak dia berangkat pagi, toh sampai sekolah juga gerbang masih di kunci. tapi ini jadi cerita lucu yang terus gue inget gimana kakunya gue masa itu.

    3. Jam olahraga

    Bukannya gue gak suka dengan teori, tapi gue ngerasa setiap ada jam olahraga gue selalu semangat dan selalu berharap itu selalu looping setiap hari tanpa harus menunggu satu minggu berjalan. Gue dulu paling suka olahraga voly, karena setiap olahraga materinya adalah sistem pengambilan bola. "apa sih maksdnya..?  Jadi Guru selalu minta kita buat ambil bola di gudang. entah itu suruh ambil bola basket, voly atau sepakbola itu tergantung dari materi yang ingin di ajarkan Guru dan Gue selalu tambah seneng ketika Guru minta ambil bola voly, karena otomatis olahraga hari itu tentang voly.

    4. Jam praktek di bengkel atau di lab.

    Mendengarkan Guru bicara dan memahami itu terkadang capek, bosan, apalagi kalau kita nggak paham sama apa yang dijelasin Guru, sungguh menjadi beban sekali. Jadi gue suka ketika ada jam praktek, karena disitu gue bisa belajar teori sambil mempraktekannya.

    5. teman pintar vs Jam kosong

    Dulu gue punya temen yang baik, dia selalu dapet ranking di kelas dan dia juga selalu berbagi bagaimana cara dia belajar. Jam kosong kadang gue pakai buat ngbrol sama temen gue ini. Biasanya kita selalu duduk di atas atap parkiran motor sambil melihat hamparan sawah yang memberikan nuansa damai dengan angin dan pemandangan yang sangat bagus. Dia itu cowok tapi pinter, kemanapun dia pergi selalu bawa buku catatan dan sambil ngobrol dengan orang lain bibirnya juga sambil komat kamit seolah olah menghafal baris demi baris catatan yang ada di bukunya. Gue suka karena dia mau berbagi dari kelebihan yang dia punya.

    6. Guru yang baik dan tingkat humornya tinggi.

    Yah, point ini juga menjadi faktor gimana dulu gue semangat untuk ke sekolah. Sebut saja TOPO, dulu anak anak sering memanggilnya pak TOPO beliau adalah Guru mata pelajaran teknik listrik, orangnya gemuk, kebetulan beliau juga dulu istilahnya dosen pembimbing waktu gue ngejalanin magang. kenapa gue suka? Beliau ini ketika sedang mengajar memang tegas tapi juga santai jadi kita nggak tegang mengikuti materi yang beliau ajarin. Baik di bengkel maupun dikelas beliau selalu membuat siswanya larut dalam penjelasannya. kenapa? ya itu tadi selalu diselingi dengan humor ataupun cerita yang juga masih berkaitan dengan materi hari itu. Jadi kesimpulannya bahwa setiap ada mata pelajaran yang beliau bimbing gue ngerasa nyaman dan enak mengikutinya.

    Oke, mungkin terdengar kurang nyambung tulisan saya, tapi  itu aja sih yang bisa saya tulis di sini, semoga menghibur dan selamat malam.








    Comments